Najah Fillah

Media untuk menumpahkan emosi dengan cerdas

Parenting sebagai wujud gerakan dari Tri Pusat

Mei31

Kegagalan program sekolah dipengaruhi oleh pihak-pihak yang terkait salah satunya adalah lingkungan keluarga. Hal tersebut terjadi karena adanya ketidak selarasan lembaga sekolah dengan keluarga. Padahal keluarga merupakan tempat pertama anak mendapatkan edukasi. Sehingga apa yang telah dijalankan di sekolah tidak banyak membekas justru terkubur oleh kebiasaan lingkungan keluarga yang tidak mendukung. Oleh sebab itu dalam rangka menjalankan gerakan Tri Pusat sekolah berperan untuk menyentuh salah satu titik vital yaitu keluarga dalam program parenting. Keluarga sebagai unit sosial terkecil di masyarakat yang terbentuk atas dasar komitmen untuk mewujudkan fungsi keluarga khususnya fungsi sosial dan fungsi pendidikan harus benar-benar dioptimalkan sebagai mitra lembaga sekolah. Oleh Karen itu melalui program parenting sebagai wadah komunikasi antar orang tua dalam memberikan sosialisasi terhadap program-program yang  diselenggarakan oleh sekolah.

Menurut Asholihin skb dalam rumah mayanya  parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Tujuan dari parenting tersebut yaitu mengajak para orang tua untuk bersama-sama memberikan yang terbaik untuk anak mereka dengan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan dalam keluarga sendiri dengan dasar karakter yang baik.

Ada bebrapa tahap pembetukan parenting yaitu :

  1. Melakukan identifikasi latar belakang dan kebutuhan orang tua

Mengidentiikasi latar belakang dan kebutuhan orang tua sangat penting karena masing-maing wali murid  memiliki bagroud yang berbeda-beda sehingga mereka mempunyai kebutuhan yang berbeda pula. Jangan sampai salah  langkah  dengan menyamaratakan kebutuhan semua wali siswa sehingga hasil parenting tidak mencapai tujuan.

  1. Membentuk kepanitiaan parenting dengan melibatkan komite sekolah
  2. Membuat job diskripsi masing-masing panitia
  3. Menyusun program
  4. Menyusun jadwal kegiatan
  5. Mengidentifikasi potensi dan mitra pendukung
  6. Melaksanakan program sesuai dengan agenda
  7. Melakukan evaluasi dan kesepatakan bersama untuk mengetahui ketercapiaan dari tujuan

Adapun jens-jenis parenting yang dapat dilaksanakan oleh pihak sekolah adalah sebagai berikut ;

  1. Parents Gathering yaitu pertemuan orang tua dengan lembaga sekolah yang diadakan oleh paitia program parenting untuk membicarakan tentang program-program sekolah hubungannya dengan bimbingan dan pengasuhan anak.
  2. Foundation Class adalah pembelajaran bersama anak dengan orang tua diawal masuk sekolah dan pengenalan kegiatan sekolah.
  3. Seminar yaitu kegiatan dalam rangka program parenting yang dilaksanakan dalam bentuk seminar
  4. Hari konsultasi merupakan hari dimana orang tua dapat berkomunikasi dengan pihak sekolah.
  5. Field Trip yaitu kunjungan wisata yang menunjang kegiatan pembelajaran siswa.
  6. Home Activites adalah aktifitas yang di rumah di bawa ke sekolah seperti kemah bersama orang tua.
  7. Cooking on the Spot ialah kegiatan siswa belajar memasak
  8. Bazar Day yaitu penyelenggaraan bazar rutin pada acara tertentu.
  9. Mini Zoo yaitu mengadakaan kebun binatang mini disekolah
  10. Home Education Vidio adalah mengirimkan kegiatan pembelajaran anak di sekolah kepada orang tua supaya dapat disaksikan dan dipelajari juga dirumah oleh orang tua.

Facebook Comments

by posted under Uncategorized | Komentar Dinonaktifkan pada Parenting sebagai wujud gerakan dari Tri Pusat

Comments are closed.