Najah Fillah

Media untuk menumpahkan emosi dengan cerdas

Pesantren Ramadhan Salah Satu Bentuk  Implementasi Pendidikan Karakter

Mei31

Nilai karakter yang dijadikan prioritas gerakan PPK antara lain yaitu Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Integritas. Kelima nilai tersebut saling berkaitan membentuk jejaring nilai yang perlu dikembangkan. Sehingga pelaku pendidikan dituntut untuk mengaplikasikan gerakan tersebut ke dalam kegiatan-kegiatan sekolah yang mendorong mewujudkan kebiasaan menerapkan 5 nilai hingga membudaya dan memberadab. Salah satu dari kegiatan tersebut adalah kegiatan di bulan Ramadhan yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengisi kegiatan keagamaan kemudian biasa disebut dengan istilah pesantren kilat.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kesucian dan kebajikan (hikmah). Di dalamnya terdapat suatu kewajiban ibadah puasa ( shaum ) bagi orang yang beriman, dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT dan sekaligus sebagai alat dalam rangka membersihkan diri / hati / jiwa manusia dari perbuatan keji (dosa). Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam Q.S. Al Baqarah ayat 183 :

Shaum atau puasa yang dikehendaki ayat di atas bukan hanya sebatas menahan rasa haus dan lapar, lebih dari itu dengan puasa manusia diharapkan mampu menahan dirinya (nafsunya) dari perbuatan dosa / keji serta dapat meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT. Selain penuh dengan kesucian bulan ramadhan juga merupakan bulan yang penuh hikmah / kebajikan bagi umat manusia. Dimana pada saat itu amalan ibadah manusia akan Allah SWT lipatkan pahalanya. Inilah yang menjadikan tujuan utama sekolah dalam menyelenggarakan kegiatan Pesantren kilat.

Didalam kegitan pesantren ramadhan peserta didik diajak untuk lebih mendalami praktik ibadah yang tidak tercover dalam proses pembelajaran sehari-hari karena keterbatasan waktu. Sehingga pendidik dapat memastikan kebenaran praktik ibadah mereka terutama pada ibadah mahdhoh yang harus sesuai dengan syarat dan rukunnya.Karena ada beberapa ibadah yang tidak bisa dipantau di sekolah secara langsung seperti ibadah shalat yang dilakukan di luar jam sekolah. Selain itu mereka juga dengan sendirinya akan mempelajari praktik ibadah ghoiru mahdoh yang kaitannya dengan sikap Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Integritas. Bagaimana tidak dengan pesantren ramadhan mereka dapat merasakan budaya mengantri, tidur seadanya, saling tolong menololong, dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan lain sebagainya.

Meskipun Pesantren Ramadhan dilakukan dengan waktu yang singkat  diharapkan peserta didik dapat mengambil hikmah untuk mempraktikkan kegiatan-kegitan baik di rumah yang  sudah dilakukan di sekolah ketika menjadi santri kilat. Meskipun tidak dapat menjamin akan berhasil 100% dalam membiasakan karekter di atas paling tidak sekolah berupaya mengintegrasikan 5 nilai karakter  dalam setiap kegiatan.

Facebook Comments

by posted under Uncategorized | Komentar Dinonaktifkan pada Pesantren Ramadhan Salah Satu Bentuk  Implementasi Pendidikan Karakter

Comments are closed.