Najah Fillah

Media untuk menumpahkan emosi dengan cerdas

Strategi Pembelajaran

Mei31
  1. Hakekat Strategi Pembelajaran

Tugas pendidik adalah mendorong dan membimbing siswa untuk mencapai kompetensi yang sudah dirumuskan dalam kurikulum yang berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan proses pembelajaran. Di sini guru dituntut mencari cara untuk mengaplikasikan di dalam proses belajar mengajar supaya kompetensi yang diharapkan tercapai. Untuk itu pendidik perlu memilih dan menggunakan strategi yang tepat. Supaya dapat mencapai tujuan dengan maksimal starategi yang digunakan harus menimbulkan aktivitas belajar yang baik.  

Menurut Gagne(1985) belajar adalah suatu proses di mana suatu organisme berubah prilakunya sebagai akibat pengalaman. Dari pengertian belajar tersebut terdapat konsep belajar yaitu proses, perubahan prilaku dan pengalaman. Adapun prinsip belajar meliputi motivasi peserta didik, perhatian, aktivitas,balikan, dan perbedaan individual.

Untuk dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan tepat perlu memahami pebedaan antara pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran. Menurut Joni (1992/1993) pendekatan adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian. Berdasarkan pengertian tersebut pendidik hendaknya merancang pelaksanaan pembelajaran dengan memperhatikan hubunga antar komponen. Misal pendekatan siswa aktif berarti guru dalam mengembangkan pembelajaran hendaknya yang memungkinkan dapat dijadikan wahana siswa untuk aktif. Adapun setrategi pembelajaran menurut Joni (1992/1993) ilmu atau kiat di dalam memanfaatkan segala sumber yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang dikerahkan. Sehingga ketika guru sudah memutuskan sebuah pendekatan yang akan diterapkan dalam pembelajaran maka selanjutnya adalah menentukan stategi yang akan digunakan. Apabila pendekatan dan strategi telah ditentukan pendidik perlu menentukan metode atau cara yang digunakan sesuai pendekatan dan strategi tersebut. untuk mewujudkan penggunaan pendekatan, strategi dan metode secara konkrit dibutuhkan teknik yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Faktor penentu dalam pemilihan strategi dan pembelajaran pertama yaitu tujuan pembelajaran yang di dalamnya terdapat keterampilan intelektual (pikiran), strategi kognitif yang merupakan proses kontrol dalam mengatasi masalah, Informasi verbal (nama atau label, fakta dan pengetahuan), keterampilan motorik(fisik da psikis) dan sikap. Kedua bahan pembelajaran atau materi yang akan dipelajari siswa juga menjadi faktor penentu. ketiga siswa yang paling berkepentingan dalam proses pemebelajaran. Keempat Guru yang tiap orangnya mempunyai kelebihan dan keterbatasan juga menjadi pertimbangan dalam memilih dan menggunakan strategi. Terakhir sarana (alat dan sumber) waktu dan ruangan.

Adapun jenis strategi pembelajaran antara lain strategi pembelajaran berdasarkan proses pengolahan pesan yaitu deduktif dan induktif. Strategi pembelajaran berdasarkan pihak pengolahan pesan yang di dalamnya ada ekspositori (berpusat pada guru), Heuristik (guru sebagai fasilitator). Strategi pembelajaran berdasarkan pengaturan guru yaitu setrategi pembelajaran seorang guru dan beregu(lebih dari satu guru). Strategi pembelajaran berdasarkan jumlah siswa yaitu klasikal,kelompok kecil dan individu. Kemudian strategi pembelajaran berdasarkan interaksi guru dan siswa yaitu tatap muka dan melalui media.

Facebook Comments

by posted under Uncategorized | Komentar Dinonaktifkan pada Strategi Pembelajaran

Comments are closed.